Carilah Kerajaan Allah

Matius 6:33

Ayat ini pasti sudah sering kita baca dan hafalkan. Pertanyaannya, apa itu Kerajaan Allah dan ke mana kita harus mencarinya? Di dalam Alkitab ada istilah mengenai Kerajaan Sorga dan Kerajaan Allah. Kerajaan Sorga berbicara mengenai lokasi, yaitu kerajaan yang ada di Sorga. Sedangkan Kerajaan Allah berbicara mengenai kepemilikan kekuasaan, yaitu kerajaan yang dimiliki atau dikuasai oleh Allah. Kita bisa melihat beberapa penjelasan mengenai kerajaan Allah di dalam Matius 12:28, 1 Kor 4:20, Roma 14:17.

Kerajaan Allah berbicara mengenai perkara-perkara rohani. Carilah atau kejarlah perkara-perkara rohani. Perkara rohani adalah urusan yang bersangkut paut dengan roh (rohani), bukan jasmani. Perkara rohani adalah urusan dengan hal-hal yang tidak kelihatan, yaitu menyangkut kuasa Allah, mengenai roh dan jiwa manusia.

Supaya lebih mudah memahami, hal kerajaan Allah atau hal rohani adalah soal mengenai kehidupan sesudah kematian, bukan berbicara mengenai materi atau jasmani. Setelah mati, tubuh tidak berguna lagi. Yang tinggal hanyalah jiwa dan roh. Ketika seseorang mulai memikirkan kehidupan setelah kematian, maka dia sedang mulai mencari kerajaan Allah.

Yesus menjelaskan dalam Matius 19:24 tentang orang kaya yang susah untuk masuk dalam kerajaan Allah. Ketika manusia hanya mementingkan perkara materi dan jasmani, maka matanya tertutup dari perkara rohani.

Di dunia ini, banyak orang takut dengan kematian. Kematian menjadi hal yang tabu, tidak boleh dibicarakan. Mereka ketakutan dengan kematian. Termasuk mereka ketakutan dengan angka 4 dan 13. Kalau bisa, tidak usah membicarakan tentang kematian. Tetapi justru Tuhan mau kita memikirkan perkara ini.

Selain kerajaan Allah, kita juga harus mencari kebenaran. Apa itu kebenaran? Yoh 17:17 menjelaskan bahwa firman Tuhan adalah kebenaran. Alkitab adalah kebenaran, yang bersifat rohani. Tuhan pelihara firman, sebagai standar kebenaran.

Di mana mencari kerajaan Allah dan kebenarannya? Sejak zaman Adam sampai zaman Musa, orang mendapatkan kebenaran dari ayahnya. Sejak zaman Musa sampai zaman Perjanjian baru, orang mencari kebenaran ke Yerusalem. Sida-sida dari Etiopia harus mencari kebenaran sampai ke Yerusalem. Ratu dari negeri selatan pada zaman raja Salomo, tertarik dengan kebenaran, mencarinya sampai ke Yerusalem. Dari zaman Yesus sampai pengangkatan, orang mencari kebenaran di dalam jemaat (gereja). Tuhan semakin mempermudah manusia mencari kebenaran. Di dalam jemaatlah kita harus mencari kerajaan Allah dan kebenaran.

Gereja semakin berwarna-warni dengan segala pengajaran yang berbeda-beda. Carilah yang sesuai dengan alkitab, atau paling tidak yang mendekati alkitab. Kehidupan gereja pada saat ini sama seperti hutan belantara, yang seringkali membuat bingung banyak orang. Karena itu ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik (1 Tes 5:21).

Ketika kita sudah mencari kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu. Yang ditambahkan adalah kebutuhan pokok manusia, yaitu makanan, minuman dan pakaian. Jangan mengharap lebih, yang penting cukup dan bersyukurlah.

Tuhan Yesus memberkati, Maranatha!

Jika saudara diberkati, silahkan bagikan:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *