Karakter Yang Rusak (Jelajah PB 873)

2 Timotius 3:1-4

Pada hari-hari terakhir, akan datang masa yang sukar. Semakin mendekati akhir zaman, sepertinya keadaan manusia semakin sulit. Terlebih bagi orang yang percaya kepada Tuhan Yesus, maka keadaan dunia ini makin menyulitkan kita. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mencintai diri sendiri merupakan hakikat dari munculnya dosa. Karena itu, sebaiknya kita lebih mencintai Tuhan lebih daripada mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri tidak perlu dipelajari. Tuhan menginginkan kita mengasihi orang lain seperti mengasihi diri sendiri, bukan sebaliknya. Apalagi jika kita bisa mengasihi orang lain lebih dari diri kita sendiri, maka itu lebih dari cukup, lebih dari yang diinginkan oleh Tuhan. Tuhan juga ingin kita mengasihi Tuhan, lebih dari diri sendiri.

Selain itu, manusia akan menjadi hamba uang. Manusia akan mencari uang untuk kepuasan diri sendiri. Beda halnya jika kita mencari Tuhan untuk mendukung pelayanan Tuhan, itu sangat baik. Tuhan tidak menentang atau melarang orang untuk giat mencari uang. Tuhan hanya ingin melihat tujuan dari mencari uang itu. Jika kita mencari uang karena untuk memuaskan diri sendiri, maka kita sudah mencintai uang lebih dari pada Tuhan. Akar dari segala kejahatan adalah cinta uang (1 Tim 6:10).

Di akhir zaman, akan bermunculan manusia yang suka membual dan menyombongkan diri. Mereka juga akan menjadi pemfitnah serta memberontak terhadap orang tua serta tidak tahu berterima kasih. Makin hari makin banyak anak-anak yang memberontak terhadap orang tua, padahal orang tua sudah mengasihi mereka dan rela berkorban untuk mereka. Di satu sisi, ada juga orang tua yang tidak peduli dengan anaknya. Ada yang melahirkan anak dalam kondisi tidak siap, karena hamil dulu sebelum menikah. Saat ini mudah kita menemui anak-anak yang ditelantarkan dan diabaikan. Orang tua tidak mau bertanggungjawab terhadap anaknya. Hal ini juga membuat anak-anak memberontak, bukan hanya kepada orang tua mereka, juga terhadap orang lain. Kejahatan semakin meningkat, karena pendidikan karakter tidak terjadi dalam hidup anak-anak tersebut.

Banyak orang juga semakin tidak mempedulikan agama dan Tuhan, serta hal-hal yang bersifat rohani. Banyak orang tidak peduli lagi dengan kebenaran. Orang pergi ke gereja, bisa saja tidak tahu tujuannya, asal pergi saja karena sudah menjadi kebiasaan. Semakin banyak orang yang tidak tahu mengasihi dan tidak mau berdamai. Orang-orang ingin meneror satu dengan yang lain serta ingin berperang. Di beberapa tempat terjadi peperangan yang menewaskan banyak orang serta menghancurkan berbagai macam hal, disebabkan karena tidak mau berdamai.

Hal-hal lain yang terjadi pada manusia di akhir zaman cukup panjang daftarnya, seperti: suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka menghianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu daripada menuruti Tuhan. Semua daftar itu terjadi karena orang tidak lagi mau tunduk terhadap kebenaran firman Tuhan. Mereka juga tidak mau hidup di dalam kebenaran.

Jika saudara diberkati, silahkan bagikan:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *