Jelajah PB 148 (Markus 13:7-13)

Selain penyesatan, akan ada kabar tentang peperangan. Tetapi semuanya itu ternyata belum tanda kesudahan. Itu adalah tanda awal dari kesudahan. Banyak teror-teror yang terjadi, yang melancarkan serangan, termasuk kepada bangsa sendiri. Bangsa akan berperang melawan bangsa, akan terjadi gempa bumi di berbagai tempat dan terjadi kelaparan juga. Itu semua adalah permulaan penderitaan menjelang zaman baru. Kita tidak bisa membayangkan, jika itu baru permulaan, bagaimana dengan kejadian yang sebenarnya dan bagaimana kesudahannya?

Ini adalah gambaran ketika masuk kepada penganiayaan besar. Sebenarnya orang percaya bisa lepas dari penderitaan ini ketika mereka diangkat oleh Tuhan di masa pengangkatan. Pada masa penganiayaan besar tersebut, Tuhan Yesus juga memberikan peringatan supaya berhati-hati. Orang-orang akan diserahkan kepada majelis agama dan mereka akan menerima penderitaan. Mereka akan dipukul di rumah ibadat. Mereka juga akan diperhadapkan dengan para penguasa dan pemerintah. Akan terjadi peristiwa yang kacau balau. Meskipun demikian, Injil harus diberitakan kepada semua bangsa.

Tuhan Yesus juga memberikan jaminan kepada orang-orang percaya tersebut, supaya tidak perlu kuatir untuk memberikan jawab kepada orang-orang yang bertanya tentang iman kepada Yesus Kristus. Ayat yang ke-11 ini tidak boleh disalahgunakan. Bukan berarti ketika kita mau memberitakan firman, kita tidak perlu mempersiapkan diri. Ayat ini berguna ketika kita diperhadapkan dengan orang-orang yang mempertanyakan iman kita pada saat diserahkan kepada orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Percayalah jika hal ini terjadi, maka Tuhan melalui Roh Kudus akan menuntun untuk memberi jawab yang tepat.

Peristiwa lain yang akan terjadi adalah seorang saudara akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh. Hal itu bahkan sudah terjadi pada saat ini. Ada orang-orang yang percaya Yesus, mereka harus berhadapan dengan keluarganya. Keluarga mereka tidak setuju ketika mereka percaya kepada Yesus Kristus. Dan akhirnya mereka harus keluar dari keluarga tersebut dan tidak menutup kemungkinan mereka juga mendapatkan ancaman untuk disiksa atau dibunuh. Sebenarnya kejadian itu tidak masuk akal, tetapi memang apa yang dinubuatkan dalam Alkitab akan terpenuhi.

Kita tidak bisa membayangkan ada orang-orang yang berperilaku kejam seperti itu. Selain itu, orang-orang percaya juga diberi peringatan oleh Yesus supaya tetap kuat, karena kita bisa saja dibenci oleh semua orang karena nama Yesus. Tetapi Yesus juga berjanji, bahwa jika ada yang kuat dan bertahan sampai kesudahannya, maka jiwanya akan selamat meskipun mungkin nyawa dan tubuhnya terancam.

Memang semua itu akan terjadi ketika masa penganiayaan besar selama tujuh tahun setelah masa pengangkatan. Hal-hal yang lebih mengerikan akan terjadi di sana. Tetapi, apa yang ditulis di dalam Alkitab tersebut juga sudah terjadi pada saat ini. Kita harus sadar bahwa pada saat ini kita sudah hidup di akhir zaman. Karena itu, kita pun harus terus menguatkan dan meneguhkan hati kita, supaya kita tidak pernah keluar dari iman Kristen, apapun yang terjadi. Jika kita keluar dari iman Kristen, mungkin tubuh kita akan selamat, tetapi itu hanya untuk sementara. Selanjutnya, kita akan mengalami siksaan dan kematian yang kekal, karena sudah keluar dari Yesus Kristus.

Jika saudara diberkati, silahkan bagikan:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *