Saksi Saat Masa Kesusahan Besar (Jelajah PB 1072)

Wahyu 7:5-8

Dari daftar orang yang dimeteraikan tersebut, ada kejanggalan. Daftar pertama yang disampaikan bukan dari suku Lewi atau Ruben, tetapi suku Yehuda. Sepertinya kesaksian yang akan mereka sampaikan bukan kesaksian Yudaisme. Jika kesaksian mengenai Yudaisme, pasti suku Lewi akan menjadi urutan pertama. Aturan Lewi, yaitu aturan Taurat dan kitab para nabi selesai sampai zaman Yohanes Pembaptis muncul. Dari zaman Yohanes Pembaptis sampai masa pengangkatan, adalah masa jemaat lokal.

Sesudah masa pengangkatan, seharusnya kembali ke zaman Yudaisme. Tetapi karena kesaksiannya adalah kesaksian Injil Yesus Kristus, maka menjadi berbeda. Yehuda menjadi urutan suku nomor satu, karena kesaksian yang disampaikan adalah tentang Sang Mesias. Mesias sendiri dilahirkan dari keturunan Yehuda. Orang Yahudi perlu disadarkan bahwa Yesus Kristuslah yang menjadi Sang Mesias itu. Dia adalah Juruselamat yang dijanjikan oleh Tuhan. Dia adalah singa muda dari Yehuda.

Kejanggalan yang lain, ada dua suku yang tidak ada, sedangkan Manasye dan Yusuf masuk dalam daftar. Manasye dan Yusuf ini adalah anak dan bapak. Suku Dan tidak dimasukkan dalam daftar ini. Di dalam catatan Hakim-hakim 18:18-25 diberitahukan bahwa mereka telah terlibat dalam penyembahan berhala. Mereka mencampurkan penyembahan Yehova dengan penyembahan berhala. Akhirnya suku Dan ini disingkirkan. Di dalam 1 Raja-raja 12:25-27 dijelaskan bahwa suku Dan terjebak dalam tipu muslihat raja Yerobeam.

Yerobeam mendapatkan kewenangan sepuluh suku untuk diperintah olehnya di wilayah utara. Sedangkan Rehabeam, keturunan Salomo, keturunan Daud, disisakan dua suku untuk diperintah olehnya di wilayah selatan. Yerobeam berpikir bahwa setiap tahun orang Yahudi tiga kali pergi ke selatan untuk beribadah kepada Tuhan. Lama kelamaan mereka berubah hati, sehingga Yerobeam membuat dua patung lembu yang ditaruh di Betel dan di Dan. Yerobeam mengajak sepuluh suku yang diperintahnya untuk menyembah kepada berhala itu.

Suku lain yang tidak masuk dalam daftar adalah suku Efraim. Jika dibaca di dalam Hosea 4:17 dikatakan, “Efraim bersekutu dengan berhala-berhala, biarkanlah dia!” Tuhan sudah menghapus dia. Di dalam Yeremia 7:15 dikatakan, “Aku akan melemparkan kamu dari hadapan-Ku, seperti semua saudaramu, yakni seluruh keturunan Efraim, telah kulemparkan.” Hal ini bukan berarti seluruh keturunan Efraim tidak akan diselamatkan. Ini adalah pilihan untuk menjadi saksi, bukan pilihan untuk masuk Surga. Efraim disingkirkan dan tidak menjadi saksi di akhir zaman.

Daftar suku itu dipilih untuk menjadi saksi selama masa kesusahan besar di tujuh tahun setelah pengangkatan. Mereka bertugas sampai Sang Juruselamat menampakkan diri, datang kedua kali setelah masa kesusahan besar tujuh tahun. Tugas mereka adalah memberitakan Injil kepada orang-orang Yahudi yang lain, supaya mereka bertobat dan mau mengakui Yesus sebagai Mesias mereka. Saat ini, mereka sebenarnya sulit untuk melacak keberadaan suku mereka. Ribuan tahun telah menjadi bangsa yang tidak menetap dan telah menikah dengan banyak suku bangsa di muka bumi ini.

Jika saudara diberkati, silahkan bagikan:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *